CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN,
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI BORNEO
Sekolah Tinggi Teologi Borneo (STTB) memiliki Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Pendidikan Agama Kristen yang mendasar sebagai berikut:
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2020 Tentang Standar Pendidikan Nasional Pendidikan Tinggi sesuai dengan Sikap dan keterampilan umum dan telah di tetapkan dalam lampiran Permendikbud nomor 3 tahun 2020, dan beberapa unsur pengetahuan dan keterampilan khsuus telah di tetapkan dalam keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen kementerian Agama nomor 159 tahun 2021 Tentang Penetapan Kurikulum Pendidikan Tinggi Keagamaan Krsiten Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indoensia. Dengan demikian Prodi Pendidikan Agama Krsiten Sekolah Tinggi teologi Borneo menetapkan capaian pembelajaran lulusan (CPL) bersdasarakan Sikap, Pengetahuan dan keterampilan umum serta ketampilan khusus sebagai berikut:
BERDASARKAN SIKAP (S)
S-1
Bertakwa kepada Allah sebagai bukti memelihara perintanhya dengan nilai-nilai integritas diri yang berlandaskan keteladanan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan dan kesucian hidup
S-2
Setia untuk melayani Tuhan dan mengapdikan hidup untuk mengasihi sesama manusia seperti dirinya sendiri
S-3
Memiliki nilai integritas hidup yang berdasarkan firman Allah yang bertakwa kepada Tuhan Yesus Krsitus.
S-4
Menerapkan nilai-nilai kristiani berdasarkan firman Tuhan tentang mengampuni sesama manusia dengan segenap hati, sama seperti Allah mengampuni manusia
S-5
Kesetiaan kepada Allah menunjukan kesetian kita kepada sesama manusia tanpa membedakan satu sama dengan yang lain merupakan cara hidup orang yang mengikuti perintah-Nya
S-6
Nilai kejujuran dan keramahan serta semangat kemandirian, dan juga kepedulian dalam lingkungan bermasyarakat
S-7
Percaya diri dan kerendahan hati tidak sombong serta dapat di percaya oleh semua orang melandaskan prinsip hidup orang yang beriman
S-8
Ketulusan dan keiklasan dalam menolong orang lain tanpa pamrih di lingkunangan sosial
S-9
Budayakan hidup sabar dan dapat menguasai diri sendiri adalah bukti bersosialisasi dalam lapisan masyarakat yang majemuk
S-10
Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan saling menghormati satu dengan yang lain menjadi dasar hidup prinsip solidaritas
S-11
Menerpakan nilai kristiani dengan ketaatan kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
BERDASARKAN PENGETAHUAN (P)
P-1
Memahami dan menguasai Alkitab dan intelegensia dalam pendidikan agama Kristen serta mengawasi dirimu dan ajaranmu dalam wawasan interdenominasi berdasarkan alkitab
P-2
Mampu membedakan setiap ilmu pendidikan yang berwawasan umum seperti bahasa berdasarkan pedagogik dan ilmu pendidikan agama krsiten yang sesuai dengan alkitab
P-3
Mempu menguasai pengantar pendidikan agama dan teologi serta berwawasan kebangsaan Indonesia
P-4
Mampu menguasai pembimbing pengetahuan alkitab secara mendalam cakap dalam penyampaian alkitab secara efektif dan sistematik
P-5
Menguasai dasar-dasar pendidikan dan perubahan kurikulum demi perkembagan kamajuan pendidikan
P-6
Mampu menguasai serta mengelola manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu berbasis sekolah
P-7
Menguasai ilmu profesi Pendidikan agama krsiten dan profesional memiliki kemampuan dalam mendidik
P-8
Mengetahui secara luas akan pengantar pendidikan dan ilmu teori pembelajaran dalam penerapannya meningktakan mutu guru agama baik di sekolah dan di gereja
P-9
Mampu menguasai praktik dan strategi mengajar dalam penilaian yang berkelanjutan sesuai dengan bidang agama
P-10
Menguasai adminsitrasi pendidikan dan inovasi yang pembelajaran serta metode mengajar mengajar di sekolah dan di gereja
P-11
Mampu menguasai dokmatika pembelajaran yang bermakna berdasarkan alkitab
P-12
Memahami dan menguasai perencanaan pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa dan tingkat perbedaan dalam belajar
P-13
Memahami etika Kristen dalam meningkatkan nilai-nilai kaidah kristiani dalam berfilsafat yang baik dan benar
P-14
Menguasai ketrampilan bimbingan konseling dalam membimbingan Membedakan serta menguasai kebutuhan khusus siswa dalam perbedaan menerima pembelajaran
P-15
Mampu Membedakan karakter siswa memahami psikologi siswa dan perkembangan psikologi dalam belajar
P-16
Mampu menguasai praktik teknologi pembalajaran dan mahir dalam menyampikan pembelajaran
P-17
Mampu Menguasai Pemahaman pengetahuan sejarah pendidikan agama kristen dan sejarah gereja secara menyeluruh
P-18
Mampu memahami karya ilmiah dalam mengembangkan keahlian dalam penelitian yang tepat guna dengan data serta sistematika sesuai dengan prosedur dalam penelitian.
P-19
Mampu Menguasai cara evaluasi pembelajaran yang dapat meningkatan perubahan mutu pendidikan
Berdasarkan Keterampilan Umum (KU)
KU-1
Implementasi keahlian dapat beradaptasi dengan berbagai gereja dalam interdenominasi
KU-2
mampu beradaptasi dengan berbagai lembaga gereja dan non Kristen dalam lapisan masyarakat
KU-3
Menerapkan inovasi dan kreatif serta efektif dalam mengelola pembelajaran pendidikan agama Kristen dan teologi
KU-4
Mampu bekerjasama dan meningkatkan kinerja dengan teman sejawat di sekolah dan dalam pelayanan berjemaat
KU-5
Mampu mengimplentasikan keahlian hasil risert dalam mengelola data studi ilmiah tugas akhir
KU-6
Mampu mengelola informasi dan data risert yang akuntabel berdasarkan fakta data yang jelas
KU-7
Menujukan kemandirian dan etos kerja yang unggul daya saing yang tinggi
KU-8
Menujukan tanggung jawab dalam bekerja mandiri, kelompok serta memperbaiki hasil kerja dengan evaluasi kinerja
KU-9
Mampu berdaya saing dalam memberikan hasil kerjasama yang baik diantara lembaga gereja dan sekolah
Berdasarkan Keterampilan Khusus (KK)
KK-1
Mampu Menunjuk keahlian dalam mendidik untuk pengenalan akan Tuhan Yesus
KK-2
Keahlian dalam membimbing dan menuntun serta mengarahkan supaya dapat bertumbuh dalam iman kepada Yesus Kristus
KK-3
Mampu memberikan dampak keteladanan yang baik dan menjadi role model dalam mendidik
KK-4
Mahir dalam membuat silabus, RPP, jurnal mengajar dan modul pembelajaran yang berkaulitas
KK-5
Mahir dalam menyusun program tahunan mengajar, dan program semester yang berkelanjutan
KK-6
Mahir dalam mengatur dan mengelola kelas yang secara efektif dan menyenangkan
KK-7
Mampu menunjukan profesioanl dalam mengajar di kelas
KK-8
Ahli dalam mengunakan media teknologi pembelajaran serta mengelola suasana kelas yang aman dan tentram
KK-9
Ahli dalam praktik pembelajaran dan mengatur kegiatan pembelajaran sesuai dengn perencanaan mengajar
KK-10
Mahir dalam membuat perencanaan mengajar yang bedasarkan tujuan pembelajaran yang akan di capai dalam pembelajaran
KK-11
Mampu menujukan metode mengajar yang sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada di dalam kelas
KK-12
Ahli dalam membuat strategi mengajar yang berkulitas tinggi sehingga mempermuda untuk di pahami dalam kegiatan mengajar
KK-13
Ahli dalam mengelola manajemen di dalam kelas yang sesuai dengan sistem pembelajaran
KK-14
Ahli dalam mengatur sisitematika pembelajaran inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik
KK- 15
Ahli dalam memahami karakter dan berbagai psikologi yang ada dalam peserta didik
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN & CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
SEKOLAH TINGGI TEOLOGI BORNEO
BERDASARKAN SIKAP(S)
SIKAP (S1) |
CPL |
CPMK |
S-1 |
Bertakwa kepada Allah sebagai bukti memelihara perintanhya dengan nilai-nilai integritas diri yang berlandaskan keteladanan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan dan kesucian hidup
|
Mahasiswa mampu menujukan bertakwa kepada Allah dalam bentuk setia dalam beribadah dan mengitegrasikan sikap integritas diri berdasarkan keteladanan, setiap hari dalam perkataan, tingkalaku. Kasih, kesetiaan, dan kesucian hidup dalam sekolah dan lingkungan sekitar |
S-2 |
Setia untuk melayani Tuhan dan mengapdikan hidup untuk mengasihi sesama manusia seperti dirinya sendiri
|
Mahasiswa mampu menerapkan kesetiaan dan betanggung jawab dalam melayani Tuhan dan mengapdikan diri untuk mengasihi sesama manusia |
S-3 |
Memiliki nilai integritas hidup yang berdasarkan firman Allah yang bertakwa kepada Tuhan Yesus Krsitus.
|
Mahasiswa memiliki tujuan dan prinsip nilai interitas melakukannya dan memberikan dampak kepada orang lain serta menjadi contoh sesuai dengan firman Tuhan |
S-4 |
Memiliki nilai-nilai kristiani berdasarkan firman Tuhan tentang mengampuni sesama manusia dengan segenap hati, sama seperti Allah mengampuni manusia
|
Mahasiswa mampu menerapkan nilai kristiani berdasarkan prinsip alkitab seperti mengasihi sesama manusia dengan segenap hati dan selalu mengampuni |
S-5 |
Kesetiaan kepada Allah menunjukan kesetiaan kita kepada sesama manusia tanpa membedakan satu sama dengan yang lain merupakan cara hidup orang yang mengikuti perintah-Nya
|
Mahasiswa dapat menetapkan langkah-langkah kesetiaan kepada Allah kepada semua orang dan tanpa membedakannya sesuai norma agama |
S-6 |
Nilai kejujuran dan keramahan serta semangat kemandirian, dan juga kepedulian dalam lingkungan bermasyarakat
|
Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai jujur sikap keramahan dan prinsip kemandirian dan juga kepedulian dalam lingkungan masyarakat |
S-7 |
Percaya diri dan kerendahan hati tidak sombong serta dapat di percaya oleh semua orang melandaskan prinsip hidup orang yang beriman
|
Mahasiswa memiliki sikap yang percaya diri dan unsur kerendahan hati sebagai landasan hidup orang beriman |
S-8 |
Ketulusan dan keiklasan dalam menolong orang lain tanpa pamrih di lingkunangan sosial
|
Mahasiswa mampu menerapkan cara ketulusan dan prinsip keiklasan serta menolong orang lain tanpa pamrih dalam lingkungan sosial |
S-9 |
Budayakan hidup sabar dan dapat menguasai diri sendiri adalah bukti bersosialisasi dalam lapisan masyarakat yang majemuk
|
Mahasisiwa memapu menerapkan cara hidup sabar dan langkah-langkah mengausai diri sendiri membuktikan sosialisasi dalam masyarakat majemuk |
S-10 |
Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan saling menghormati satu dengan yang lain menjadi dasar hidup prinsip solidaritas
|
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip nilai kemanusiaan saling menghormati satu dengan yang lain sebagai landasan hidup solidaritas |
S-11 |
Menerpakan nilai kristiani dengan ketaatan kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku
|
Mahasiswa mampu melakukan jenis-jenis ketaatan kepada peraturan kode etik perundang-undagan yang berlaku |
BERDASARKAN PENGETAHUAN (P)
PENGETAHUAN (P) |
CPL |
CPMK |
P-1 |
Memahami dan menguasai Alkitab dan intelegensia dalam pendidikan agama Kristen serta mengawasi dirimu dan ajaranmu dalam wawasan interdenominasi
|
Mahaiswa mampu menganalisis langkah penggalian alkitab dan ahir dalam intelegensi dalam tujun pendidikan agama Kristen dan berlandaskan berwawasan intrdenominasi |
P-2 |
Mampu membedakan setiap ilmu pendidikan yang berwawasan umum seperti bahasa berdasarkan pedagogik dan ilmu pendidikan agama krsiten yang sesuai dengan alkitab
|
Mahasiswa mampu menguraikan faktor –faktor dan membedakan tujuan ilmu pendidikan dan berwawasan umum penggunaan bahasa berdasarkan pedagogik dan PAK berlandaskan alkitab |
P-3 |
Mempu menguasai pengantar pendidikan agama dan teologi serta berwawasan kebangsaan Indonesia
|
Mahaisiswa mampu menguasai dan dapat membedakan pengantar pendidikan agama dan teologi serta berwawasan kebangsaan Indonesia tinggi dan perkembangannya
|
P-4 |
Mampu menguasai pembimbing pengetahuan alkitab secara mendalam cakap dalam penyampaian alkitab
|
Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah serat metode pembimbing secara eketif dan ahli dalam penyampaiannya alkitab dengan cara dan strategi
|
P-5 |
Menguasai dasar-dasar pendidikan dan perubahan kurikulum dan perkembagan kurikulum dan kamajuan pendidikan
|
Mahasiswa mampu membedakan dasar-dasar pendidikan dan perubadah prinsip dasar kurikulum dan pekembangan kemajuan ilmu pendidikan |
P-6 |
Mampu menguasai serta mengelola manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu berbasis sekolah (MPMBS)
|
Mahasiswa mengamati pengelolaan ilmu manajemen pendidikan dalam peningkatan mutu berbasis sekolah yang berdasarkan peraturan MPMBS |
P-7 |
Menguasai ilmu Pendidikan agama krsiten dan profesional memiliki kemampuan dalam mendidik
|
Mahasisiwa mampu menganalisis bagaimana cara meningkatkan ilmu pendidikan agama Kristen dan mengaplikasikan kemampuan dan cara profesional dalam mendidik |
P-8 |
Mengetahui secara luas akan pengantar pendidikan dan ilmu teori pembelajaran dalam penerapannya meningktakan profesionalisme guru agama
|
Mahasiswa mengamati secara luas akan cara pengantar pendidikan dan unsur-unsur ilmu teori pembelajaran dalam penerapannya profesionalisme bagi guru agama |
P-9 |
Mampu menguasai praktik dan strategi mengajar dalam penilaian yang berkelanjutan sesuai dengan bidang agama
|
Mahasiswa mampu memahami sistematika mempraktekan metode mengajar menggunakan strategi sesuai dengan keahlian dalam ilmu agama |
P-10 |
Menguasai adminsitrasi pendidikan dan inovasi yang pembelajaran serta metode mengajar mengajar di sekolah dan di gereja
|
Mahasiswa menganalisis perkembangan administrasi pendidikan dan langkah inovasi pembelajaran serta mengembangkan metode mengajar di sekolah dan gereja |
P-11 |
Mampu menguasai dokamtika pembelajaran yang bermakna berdasarkan alkitab
|
Mahasiswa mampu mengamati dokmatika sesuai dengan unsur-unsur dokmatika dalm pengkajian secara menyeluruh dari berbagai latar belakang sampai kepada konsep dasar alkitab |
P-12 |
Memahami dan menguasai perencanaan pembelajaran berdasarkan kebutuhan anak dan tingkat perbedaan dalam belajar
|
Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah perecanaan pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan tingkat kebutuhan anak dan konsep perbedaan dan cara belajar siswa |
P-13 |
Memahami etika Kristen dalam meningkatkan nilai-nilai kaidah kristiani dalam berfilsafat yang baik dan benar
|
Mahasiswa mampu menguasai secara menyeluruh etika Kristen dan kaidah yang terkandung di dalamnya sehingga dalam berfilsafat sesuai dengan ketentuan dan sistematik etika dan perkembangannya |
P-14 |
Menguasai ketrampilan bimbingan konseling dalam membimbingan
|
Mahasiswa menganalisis bagaimana teknik berketerampilan bimbingan konseling dalam memberiakn solusi bagi klaien yang bermasalah |
P-15 |
Membedakan serta menguasai kebutuhan khusus siswa dalam perbedaan menerima pembelajaran
|
Mahasiswa mampu menerapkan metode mengajar anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kebutuhan |
P-16 |
Mampu Membedakan karakter siswa memahami psikologi siswa dan perkembangan psikologi dalam belajar
|
Mahsiswa mampu menganalisis karater siswa dan pekembangan psikologi dalam menrima pelajaran sesuai dengan perkembangannya |
P-17 |
Mampu menguasai praktik teknologi pembalajaran dan mahir dalam menyampikan pembelajaran
|
Mahasiswa dapat mengamati keunggulan prkatik teknologi pembelajaran menunjukan kemahiran dalam menyapaikan materi pembelajaran |
P-18 |
Mampu Menguasai Pemahaman pengetahuan sejarah pendidikan agama kristen dan sejarah gereja secara menyeluruh
|
Mahasiswa mengamati dan dapat membedakan unur-unsur sejarah pendidikan agama krsiten dan sejarah gereja secara menyeluruh |
P-19 |
Menguasai profesi mengajar guru agama dalam pembelajaran dikelas
|
Mahasiswa menganalisis tugas dan tanggung jawab profesi guru agama dan tujuan utama dalam profesi guru agama kristen |
P-20 |
Mampu Menguasai cara evaluasi pembelajaran yang dapat meningkatan perubahan mutu pendidikan
|
Mahasiswa mengamati cara pembuatan evaluasi pembelajaran agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang berkelanjutan |
BERDASARKAN KETERAMPILAN UMUM (KU)
KETERAMPILAN UMUM (KU) |
CPL |
CPMK |
KU-1 |
Implementasi keahlian dapat beradaptasi dengan berbagai gereja dalam interdenominasi
|
Mahasiswa mampu membedakan berbagai ajaran doktrin organisasi gereja dan mahir dalam liturginya berbagai interdenominasi |
KU-2 |
Mampu beradaptasi dengan berbagai lembaga gereja dan non Kristen dalam lapisan masyarakat
|
Mahasiswa mampu memahami perbedaan dari berbagai latar belakang gereja baik Kristen dan non Kristen dalam masyarakat |
KU-3 |
Menerapkan inovasi dan kreatif serta efektif dalam mengelola pembelajaran pendidikan agama Kristen dan teologi
|
Mahasiswa mampu mengamati serta membedakan cara pembelajaran langkah efektif inovasi dan kreatif pembelajaran agam dan teologi |
KU-4 |
Mampu bekerjasama dan meningkatkan kinerja dengan teman sejawat di sekolah dan dalam pelayanan berjemaat
|
Mahasiswa mampu menerapkan keahlian kerjasama dan meningkatkan kinerja dengan semua orang yang ada dalam lingkungan sekolah dan jemaat |
KU-5 |
Mampu mengimplentasikan keahlian hasil risert dalam mengelola data studi ilmiah tugas akhir
|
Mahasiswa mampu memahami metode menganalisis hasil riset dan karya ilmiah dalam memenuhi tugas akhir |
KU-6 |
Mampu mengelola informasi dan data risert yang akuntabel berdasarkan fakta data yang jelas
|
Mahasiswa mampu memilah semua informasi dari data riset yang jelas dan terakui dan benar dalam mengambil mengelola data penelitian sesuai dengan prosedur |
KU-7 |
Menujukan kemandirian dan etos kerja yang unggul daya saing yang tinggi
|
Mahasiswa mampu mandiri dan menujukan keahlian etos kerja yang unggul dan berdaya saing yang tinggi |
KU-8 |
Menujukan tanggung jawab dalam bekerja mandiri, kelompok serta memperbaiki hasil kerja dengan evaluasi kinerja
|
Mahasiswa mampu melakukan menunjukan tanggung jawab serta memperbaiki hasil kinerja dengan cara melakukan evaluasi diri yang berkelanjutan |
KU-9 |
Mampu berdaya saing dalam memberikan hasil kerjasama yang baik diantara lembaga gereja dan sekolah
|
Mahasiswa mampu menganalisis kemampuan hasil kerjasama dengan peningkatakan kerjasama diantara lembaga gereja dan sekolah |
BERDASARKAN KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
KETERAMPILAN KHUSUS (KK) |
CPL |
CPMK |
KK-1 |
Mampu Menunjuk keahlian dalam mendidik untuk pengenalan akan Tuhan Yesus
|
Mahasiswa mampu melakukan keahlian dalam mendidik untuk pengenalan akan Tuhan Yesus |
KK-2 |
Keahlian dalam membimbing dan menuntun serta mengarahkan supaya dapat bertumbuh dalam iman kepada Yesus Kristus
|
Mahsiswa mampu menunjukan keahlian dan mengarahkan siswa untuk bertumbuh dalam iman kepada Yesus |
KK-3 |
Keahlian dalam membimbing dan menuntun serta mengarahkan supaya dapat bertumbuh dalam iman kepada Yesus Kristus
|
Mahasiswa mampu menujukan keahlian dalam membimbing dan mengarahkan pertumbuhan iman kepada Yesus Kristus |
KK-4 |
Mahir dalam membuat silabus, RPP, jurnal mengajar dan modul pembelajaran yang berkaulitas
|
Mahasiswa mampu menunjukan keahlian dalam membuat silabus, RPP, Juranl, modul yang baik dan benar dengan langkah dan konsep kurikulum merdeka belajar |
KK-5 |
Mahir dalam menyusun program tahunan mengajar, dan program semester yang berkelanjutan
|
Mahasiswa mampu dan mahir mengelola program tahunan mengajar dan program semester yang baik dan terarah |
KK-6 |
Mahir dalam mengatur dan mengelola kelas yang secara efektif dan menyenangkan
|
Mahasiswa menganalisis kegiatan kelas yang efektif dan menyenangkan |
KK-7 |
Mampu menunjukan profesioanl dalam mengajar di kelas
|
Mahasiswa mampu mahir melakukan profesional dan tujuan dalam mengajar |
KK-8 |
Ahli dalam mengunakan media teknologi pembelajaran serta mengelola suasana kelas yang aman dan tentram
|
Mahasiswa mampu menggunakan media teknologi pembelajaran serta mengelola suasana kelas yang aman dan tertib |
KK-9 |
Ahli dalam praktik pembelajaran dan mengatur kegiatan pembelajaran sesuai dengn perencanaan mengajar
|
Mahasiswa dapat menujukan langkah-langkah praktik dan ahli dalam mengajar yang sesuai dengan recana persiapan mengajar |
KK-10 |
Mahir dalam membuat perencanaan mengajar yang bedasarkan tujuan pembelajaran yang akan di capai dalam pembelajaran
|
Mahasiswa mampu dan ahli dalam membuat rencana mengajar berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan di capai |
KK-11 |
Mampu menujukan metode mengajar yang sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada di dalam kelas
|
Mahasiswa mampu menujukan metode mengajar sesuai degan kondisi dan keadaan yang ada di dalam kelas |
KK-12 |
Ahli dalam membuat strategi mengajar yang berkulitas tinggi sehingga mempermuda untuk di pahami dalam kegiatan mengajar
|
Mahasiswa menujukan keahlian dalam membuat strategi mengajar yang berkualitas sehinga kegaiatan mengajar sesuai degan sasaran yang akan di capai |
KK-13 |
Ahli dalam mengelola manajemen di dalam kelas yang sesuai dengan sistem pembelajaran
|
Mahasiswa mampu membedakan mahir manajemen dengan sisitem pembelajaran agar terkelola kegiatan pembelajaran yang baik |
KK-14 |
Ahli dalam mengatur sisitematika pembelajaran inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik
|
Mahasiswa mampu bertangung jawab mengatr sistematika inovasi pembelajaran sesuai dengan system yang berlaku |
KK-15 |
Ahli dalam memahami karakter dan berbagai psikologi yang ada dalam peserta didik
|
Mahasiswa mampu mahir menganalisis karakter dan memahami psikologi yang ada pada sisiwa |
Penerimaan Mahasiswa baru dimulai; Tanggal...
https://siakad.sttborneo.ac.id/
Borneo informasi....
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) adalah...